Sukses

Belum kunjung hamil

07 Oct 2013, 13:48 WIB
Pria, 38 tahun.
Saya mau tanya dok, saya sdh menikah selama 12thn dan sampai skrg msh belum dikarunia seorang anak,saya dan istri sdh periksa sperma, HSG, USG, USG trans vaginal, dan hasilnya bagus semua, sdh 3 dokter kandungan sy cb, semuanya bilang tdk ada masalah dan hanya disuruh bersabar aja.Sy dan istri 2X ikut program inseminasi tp tetap blm berhasil,yg saya tanyakan dok, selain insem apa ada program lain selain program bayi tabung? dan apa ada faktor2 lain yg mempengaruhi kehamilan selain kondisi internal tsb (sperma,rahim,sel telur). Terima kasih dok atas jawabannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti kekhawatiran anda dan betapa besar harapan anda untuk memiliki seorang anak.

Kehamilan merupakan salah satu  fenomena yang sampai sekarang masih ilmuwan pelajari, banyak sekali faktor yang terlibat dalam mencapai penyatuan dari ovum dan sperma. Tentu banyak faktor dalam kehamilan, seperti faktpr pria yang meliputi kualitas sperma dan faktor wanita yang meliputi: sel telur, anatomi kandungan wanita. Berita baik bagi anda adalah bahwa anda sudah memeriksakan keadaan suami istri dan hasilnya semua normal. Sekarang yang dapat anda lakukan adalah jaga kesehatan, dan konsentrasi melakukan hubungan teratur khususnya saat subur istri.

Terkait apakah ada cara lain selain program bayi tabung? Diluar negeri, khususnya negara barat, terdapat  metode kehamilan yang bernama surrogate mother atau ibu pengganti. Jadi sang ibu adalah wanita lain dan ovum yang telah dibuahi sperma anda ditanam di kandungan wanita tersebut. Namun prosedur ini tentu dilakukan atas indikasi tertentu, misalnya wanita tersebut tidak dapat melahirkan, dimana dalam kasus anda, istri anda memiliki organ kandungan yang normal. Namun metode ini tidak dilakukan di Indonesia karena alasan kultur dan agama.

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar