Sukses

Skoliosis

13 Oct 2013, 10:20 WIB
Wanita, 20 tahun.
terkait dengan tulisan oleh dr. Dianika Putri Puspitasari yang berjudul "Sering Pusing, Tengkuk Kaku & Mudah Lupa?" dikatakan bahwa gejala CVT adalah : Tengkuk terasa berat dan tegang Nyeri kepala umumnya seperti migraine Nyeri kepala hebat Mudah lupa Penurunan pendengaran Muntah menyemprot Penurunan neurologis fokal seperti lemah separuh badan, kesemutan, kebas, gangguan bicara, dan lainnya Penurunan kesadaran Begini dok, saya mengidap skoliosis dan mengalami beberapa gejala seperti diatas, yakti : penurunan pendengaran telinga sebelah kanan,dan sering kesemutan. nah pertanyaannya apakah ada hubungannya skoliosis dengan CVT ? jika memang ada, ketika saya ke rumah sakit, dokter spesialis apa yang harus saya rujuk untuk mengetahui apakah saya mengidap CVT atau tidak? Apakah skoliosis jika dibiarkan begitu saja dapat mengganggu fungsi kerja otak? Apa skoliosis jg memang dapat menurunkan kepekaan pendengaran?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakaish atas pertanyaan Anda. Perlu diketahui bahwa CVT merupakan kondisi yang jarang ditemukan. Keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh hal lain. Untuk mendiagnosis CVT diperlukan data riwayat keluhan yang lengkap, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Riwayat yang lengkap termasuk faktor risiko CVT seperti apakah terdapat riwayat trauma atau operasi, ada riwayat sinusitis, sedang hamil, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau steroid, riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau penyakit serupa, dll. Bagaimana dengan keluhan nyeri kepalanya, apakah sangat hebat, apa pencetusnya, menjalar atau tidak, dll. 

Pemeriksaan fisis dilakukan untuk melihat kemungkinan penyebab nyeri kepala, memastikan adanya penurunan pendengaran, serta mencari/menyingkirkan defisit neurologis lain yang dapat disebabkan oleh keadaan tersebut. Bila ada indikasi, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium serta radiologis seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan diagnosis.  

Skoliosis tidak berhubungan dengan CVT maupun keluhan yang alami. Skoliosis adalah bentuk tulang belakang yang membengkok/melengkung ke samping kiri atau kanan. Untuk memastikan ada tidaknya skoliosis, perlu dilakukan pemeriksaan rontgen dari tulang punggung. Pemeriksaan klinis oleh dokter juga dibutuhkan untuk melihat apakah tulang belakang lurus atau tidak. Bila benar skoliosis, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter bedah tulang. Bila derajat skoliosis berat mungkin diperlukan tindakan operasi.

demikian penjelasna yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar