Sukses

Mengatasi Migren

06 Oct 2013, 09:25 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya mau tanya, saya ini kan sering ada keluhan mengenai migrain. saya tidak tahu apa sebabnya. saat saya cek darah hasilnya normal (cek gula darah sesaat, kolesterol, asam urat). saya pernah konsultasi ke dokter syaraf terdekat. tapi saya tidak mendapatkan jawaban yang jelas mengenai apa yang saya derita. terkadang bahu terasa kencang dan tangan kanan kebas tapi tidak disertai migrain. hal ini sering terjadi kalau saya lama di depan komputer (mengingat saya sedang mengerjakan tugas akhir saya). saya sering migrain tertusuk-tusuk rasanya di kepala dan seringnya mengganggu aktivitas saya. sebenarnya saya sakit apa ya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Sakit kepala sebelah disebut juga migren (migrain). Migren dapat terjadi pada setengah wajah, termasuk daerah dahi, sering juga sampai daerah mata dan pipi. Dasar dari migren adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang menimbulkan rasa nyeri karena menekan jaringan di sekitarnya. Oleh karena itu, kafein yang mempunyai efek konstriksi (penyempitan) pembuluh darah, berguna dalam mengatasi gejala migren.

Pencetus-pencetus serangan migren, umumnya berupa bau-bau tertentu, perubahan pola tidur, terlambat makan, stress psikis ataupun fisik, asap rokok, dll. Sedangkan makanan-makanan yang dapat memicu, antara lain:

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine atau difermentasi (keju)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) / vetsin
  3. Alkohol
  4. Caffeinated (minuman bersoda, teh, kopi)

Jadi sebaiknya Anda mencoba mengidentifikasi apa saja yang mencetuskan serangan migren sehingga dapat dihindari pada masa yang akan datang. Anda sempat menyebutkan bangun siang sebagai pencetus, berarti untuk mencegah migren terjadi berikutnya, sebaiknya Anda biasakan pola tidur atau jam tidur yang teratur setiap harinya.

Sedangkan untuk mengurangi nyeri Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan sakit kepala yang mengandung kafein yang dijual bebas. Jika sakit berlanjut atau obat bebas yang diminum tidak lagi efektif, sebaiknya Anda menemui dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat migren yang dapat dibeli dengan resep dokter, seperti ergotamin. Ergotamin juga memiliki efek konstriksi pembuluh darah serta menghambat transmisi saraf trigeminal.

Keluhan bagu pegal dan tangan kebas pada Anda kemungkinan memang disebabkan oleh pemakaian tangan untuk mengetik papan ketik komputer. Satu-satunya cara untuk mengurangi keluhan tersebut tentunya adalah dengan sering mengistirahatkan kedua tangan dan mengetik dengan posisi yang benar - kedua lengan sejajar dengan komputer. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar