Sukses

Luka Episiotomi Terbuka Kembali?

19 Oct 2014, 22:14 WIB
Wanita, 28 tahun.
saya baru melahirkan anak pertama saya perempuan pada tanggal 2 juni 2013 kemaren dok dgn berat 3,3 kg secara normal dengan penanganan oleh tenaga bidan desa di polindes setempat. pada saat selesai melahirkan saya mendapat info dari ibu saya yang tanya kepada bidan bahwa jahitan pada miss Vsaya sangat banyak namun demikian selama ini saya tidak merasakan ada masalah apapun .kecuali hanya rasa capek di punngung dan otot missV terasa kencang saat di pke jongkokntermasuk saat BAK atau BAB. Saya juga wanita karier yang bekerja tiap hari dan naek motor sendiri begitu juga 3bulan setelah melahirkan. melanjutkan cerita tadi setelah 3Bulan masa melahirkas saya melihat kondisi missV saya lewat kaca dan saya sangat terkejut dok , saya melihat ada ulit yang keluar dari lubang missV bergelangtung warnanya merah pekat seperti mau putus atau istilah orng jawa kiwir-kiwir dok dan begitu saya masukkan jari telunjuk ke arah dalam lubang missV keluar darah segar merah dok namun sama sekali tidak sakit. dan setelah saya tanya sama bidan dan diliat sama bidan katanya ada satu jahitan yang tidak jadi dan mau di gunting sama bidan, tapi karena saya takut sama bian di biarkan aja sampe sekarang. apa benar dok yang terjadi pada saya itu jahitan nya lepas satu? atau ada indikasi lain seperti kandungan turun atau yang laen dok? karena teru terang saya ragu dengan penjelasan bidan itu. Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Ibu. Kami mengerti kekhawatiran Ibu. Namun, sulit untuk memastikan penyebab keluhan Ibu tanpa melihat langsung/melakukan pemeriksaan fisis. Proses penyembuhan luka episiotomi berlangsung antara 3 - 6 bulan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka tersebut, seperti kebersihan luka, reaksi alergi terdahap benang jahit, serta status gizi. Bila ada infeksi, bisa saja luka sayatan terbuka kembali. Karena itu kebersihan daerah kemaluan harus dijaga. 

Bagaimanapun juga untuk memastikan penyebab keluhan Ibu, kami menganjurkan agar Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisis sehingga dapat diketahui penyebab keluhan dan rencana tatalaksana/terapi yang akan dilakukan. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar