Sukses

Apakah CVT?

19 Oct 2014, 03:31 WIB
Wanita, 20 tahun.
Malam dok, mau konsultasi. setelah saya baca artikel mengenai stroke atau CVT, beberapa dari gejala tersebut saya memilikinya dok, seperti tengkuk terasa sakit terkadang tegang, nyeri kepala (tidak terlalu sering), mudah lupa beberapa waktu ini daya ingat saya sangat menurun, kesemutan, gangguan bicara (dalam hal sinkronisasi arah bicara atau sulit dipahami). apakah dari beberapa gejala tersebut saya terkena CVT? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis CVT diperlukan data riwayat keluhan yang lengkap, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Riwayat yang lengkap termasuk faktor risiko CVT seperti apakah terdapat riwayat trauma atau operasi, ada riwayat sinusitis, sedang hamil, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau steroid, riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau penyakit serupa, dll. Bagaimana dengan keluhan nyeri kepalanya, apakah sangat hebat, apa pencetusnya, menjalar atau tidak, dll. 

Pemeriksaan fisis dilakukan untuk melihat kemungkinan penyebab nyeri kepala, memastikan adanya penurunan pendengaran, serta mencari/menyingkirkan defisit neurologis lain yang dapat disebabkan oleh keadaan tersebut. Bila ada indikasi, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium serta radiologis seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan diagnosis. 

Bagaimana dengan nyeri tengkuk yang Anda alami? Apakah menjalar ke kepala? Sudah berapa lama? Apakah terdapat pencetus? Apakah Anda memiliki masalah lain seperti tekanan darah atau kadar kolesterol tinggi? Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Kami menyarankan Saudari untuk mengunjungi dokter spesialis saraf/neurologi untuk evaluasi atau eksplorasi lebih lanjut penyebab keluhan yang ada pada Saudari. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar