Sukses

Cegah Stroke Karena CVT?

18 Oct 2014, 19:36 WIB
Wanita, 40 tahun.
ada beberapa dari tanda-tanda CTV diatas, sering saya alami, yaitu : - sering pusing hebat - sering kaku tengkuk - sering migrain - sering lupa apa yg seharusnya saya lakukan utk mencegah terkena stroke ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis CVT diperlukan data riwayat keluhan yang lengkap, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Riwayat yang lengkap termasuk faktor risiko CVT seperti apakah terdapat riwayat trauma atau operasi, ada riwayat sinusitis, sedang hamil, konsumsi obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral atau steroid, riwayat keluarga dengan penyakit jantung atau penyakit serupa, dll. Bagaimana dengan keluhan nyeri kepalanya, apakah sangat hebat, apa pencetusnya, menjalar atau tidak, dll. 

Pemeriksaan fisis dilakukan untuk melihat kemungkinan penyebab nyeri kepala, memastikan adanya penurunan pendengaran, serta mencari/menyingkirkan defisit neurologis lain yang dapat disebabkan oleh keadaan tersebut. Bila ada indikasi, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang laboratorium serta radiologis seperti CT-Scan atau MRI untuk memastikan diagnosis. 

troke adalah penyakit yang yang terjadi akibat kematian jaringan otak karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke bagian otak yang terkena. Adapun pembuluh darah yang sering terkena adalah pembuluh darah otak bagian tengah pada salah satu sisi tubuh yang memperdarahi bagian otak yang mengatur aktivitas motorik anggota gerak, sehingga kelemahan sisi tubuh merupakan salah satu gejala yang khas ditemukan pada penderita stroke.

Stroke dapat terjadi akibat sumbatan (iskemik) maupun perdarahan (hemoragik). Dan hampir 70% kasus stroke akibat perdarahan terjadi pada penderita tekanan darah tinggi.

Terdapat beberapa faktor risiko dari serangan stroke, yaitu tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan kadar kolesterol tinggi. Karena itu, diet atau pengaturan pola makan sangat penting dilakukan  untuk mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar gula darah (jika memang ada diabetes melitus). 

Kami menyarankan Saudari untuk mengunjungi dokter spesialis saraf/neurologi untuk evaluasi atau eksplorasi lebih lanjut penyebab keluhan yang ada pada Saudari. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar