Sukses

Infeksi Saluran Kemih
06 Okt 2013, 15:27 WIB
Pria, 24 tahun.
Dok mau tanya....saya saat kencing perih dan sesudah kencing jga perih... nah yg saya tau penyakit kelamin GO itu kencing perih dan ngeluarin nanah....tapi dsini saya tidak mengeluarkan nanah....itu kenapa yah dok??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Sepertinya anda terkena infeksi saluran kemih, Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme atau bakteri pada saluran kemih. Penyebab infeksi saluran kemih antara lain adalah kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb.

Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan. Apabila diagnosis sudah ditegakkan, maka dokter akan memberikan Anda antibiotik untuk pengobatan. Selain itu akan dilakukan evaluasi terhadap penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Kami sarankan Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan antibiotik yang sesuai dan sebaiknya Anda mulai melakukan beberapa tindakan pencegahan infeksi saluran kemih, seperti: 

?   Menjaga kebersihan atau higienitas daerah kemaluan keringat)

?   Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari atau minimal 8 gelas sehari)

?   Menghindari kebiasaan menahan diri untuk berkemih

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat (EA) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar