Sukses

Susah BAB

03 Oct 2013, 15:02 WIB
Wanita, 20 tahun.
Salam kenal. Langsung saja saya ingin bertanya mengenai perbandingan minyak sehat (berdasarkan yang pernah saya dengar) diantaranya minyak zaitun, biji bunga matahari, canola, minyak jagung, dan minyak sayur. Diantara mereka mana yang paling bagus? Apakah plus minus dari masing-masing jenis minyak sehat tersebut? Saya sedang menjalani pola makan sehat diantaranya makan oatmeal, makan banyak protein seperti tahu rebus dan kacang hijau rebus, ditambah seikat sawi ukuran kecil setiap harinya. Terkadang makan buah dan susu. Yang ingin saya tanyakan apakah ada yang salah dari pola makan saya tersebut? Pasalnya saya mengalami konstipasi. Meski saya sudah makan pepaya dan minum minuman probiotik tetap saja saya tidak bisa BAB dalam sehari atau dua hari. Paling tidak saya BAB tiga hari sekali. Apakah itu masih bisa disebut wajar? Mohon informasi dan bantuannya segera, ya. Saya tunggu. Terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

 

Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Disebut dengan konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/tahi/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Kami menyarankan Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

 

 

 

Salam,                                       

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar