Sukses

Apakah saya sakit infeksi paru atau sakit jantung ya?

20 Oct 2014, 01:57 WIB
Pria, 22 tahun.
hallo dokter, saya mau tanya tentang sakit saya ini, apakah saya ini sakit tumor paru atau kanker paru, TBC atau Bronkitis dok, saya sering kelelahan padahal tidak beraktivitas, sering sakit kepala, dada sering terasa panas, nyeri di dada dekat jantung, sesak nafas, rasanya nafas pendek dok, tapi saya tidak batuk2 dok! batuk kalau lagi kumat tapi nanti hilang, suara kadang serak, sya sudah periksa cuma bilangnya sakit paru aja dok, saya juga sering merasa kaya linu di tangan dan bahu, mohon bantuan dok apa yang harus saya lakukan teri kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Saya mengerti pasti anda merasa khawatir tentang keluhan yang anda alami. Baik saya akan coba menjelaskan tentang kelainan paru dan jantung. Berikut adalah gejala dari berbagai kelainan paru dan jantung:

  • Infeksi paru: Secara umum, seorang dengan infeksi paru akan mengalami gangguan pernafasan, sesak nafas, batuk berdahak dan disertai dengan demam tinggi. Sesak nafas pasien tidak dipengaruhi oleh aktifitas, jadi sesaknya dirasakan terus menerus. Infeksi paru di dunia kedokteran disebut dengan istilah Pneumonia dan ada juga infeksi paru khusus oleh kuman Tuberkulosis yang disebut sakit Tuberkulosis.
  • Kelainan obstruktif/ sumbatan paru (bronkitis dan asthma): Untuk keluhan bronkitis kronik, keluhan yang umumnya dialami oleh pasien adalah sesak nafas dengan batuk berdahak, disertai riwayat merokok, dan dimulai pada usia dewasa. Sedangkan sakit asthma biasanya pasien mengeluh sesak nafas, terdapat riwayat alergi dan biasanya dimulai pada masa kanak-kanak.
  • Sakit jantung: sakit jantung yang berhubungan dengan keluhan sesak nafas biasanya adalah gagal jantung. Keluhan gagal jantung biasanya berupa sesak nafas yang memberat dengan aktivitas, bisa terdapat bengkak pada kedua kaki, riwayat tekanan darah tinggi dan kencing manis. Walalupun tidak mutlak terjadi pada usia tua, namun umumnya penyakit ini ditemui pada pasien usia dewasa tua.

Tentu diagnosis diatas perlu ditegakkan oleh seorang dokter. Saya tidak dapat menegakkan diagnosis berdasarkan informasi yang anda berikan dan tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Oleh karena itu, saya menyarankan agar anda segera berkonsultasi dengan seorang dokter dan dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Terima kasih.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar