Sukses

Keluar Cairan dari Penis

01 Oct 2013, 09:18 WIB
Pria, 21 tahun.
Cairan putih keluar dari penis saat mengejan waktu BAB? Saat saya BAB ada keluar cairan putih dari kelamin saya sudah konsul sama dokter sp.Kk, tp jawaban nya itu wajar tpi terus terang saya msh merasa risih dengan kondisi ini dulu tidak pernah seperti itu mohon penjelasan nya kalau tau, tolong dikasih tau apa obatnya terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih.Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih,sering berkemih/anyang-anyangan,dan lain sebagainnya. Bagaimana dengan Anda?

Sulit untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisis. Namun, memang dapat keluar cairan kelenjar dari penis saat mengejan. Jadi bukan karena terdapat kelainan seperti yang dibilang oleh dokter Sp.KK tersebut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar