Sukses

Mata Terpajan Debu

19 Oct 2014, 17:06 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok saya mw tnya,,, knpa mata sya sering kumat lw trkena debu... sdh 1 thn sya mngalami skit mata,, pi sering kambuh2 trus bila terkena debu,,, dan jg lw trlalu lma didpn leptop mata jadi sngt silau n susah untuk mmbcanya... terima kasih sebelumnya... salam dari evi..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Berdasarkan keluhan yang Anda gambarkan, kemungkinan Anda mengalami konjungtivitis alergi. Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva (daerah putih di mata). Konjungtivitis dibagi berdasarkan penyebabnya, yaitu :
1. Konjungtivitis bakteri
2. Konjungtivitis virus
3. Konjungtivitis klamidia
4. Konjungtivitis alergi

Konjungtivitis alergi adalah peradangan pada daerah konjungtiva yang disebabkan karena alergi. Gejalanya diantaranya adalah gatal, mata berair, mata merah, bengkak pada konjungtiva, dan sekret (kotoran mata) yang berwarna putih serta lengket. Kebiasaan lama menatap layar komputer juga membuat mata cenderung kering. 

Pengobatan untuk konjungtivitis alergi adalah menghindari alergen (zat penyebab alergi) seperti debu, dingin, asap. parfum, dan sebagainya. Obat-obatan yang dapat digunakan adalah antihistamin baik topikal (tetes mata) maupun oral (diminum). Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk diterapi lebih lanjut. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga membantu. (PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar