Sukses

Stretch Marks pada Remaja

20 Oct 2014, 10:18 WIB
Pria, 18 tahun.
halo dok, saya ingin menanyakan tentang stretch marks apakah ini berbahaya dok jika tidak segera di tanangani ? stretch marks juga hinggap di tubuh saya dok, antara lain di punggung, bokong, bagian belakang bahu, dan paha dok. apakah ini akan terus menyebar, dan bagaimana cara menangani yang tepat dok ? sebagai informasi tambahan saya seorang perokok aktif dan jarang ber olahraga juga, apakah itu juga berpengaruh terhadap timbulnya stretch marks ? terimakasih dok saya akan sangat menghargai jawaban anda.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Stretch marks biasanya terjadi pada kondisi di mana kulit sempat meregang (seperti dalam kehamilan, kegemukan) dan kemudian mengalami penurunan berat badan sehingga kulit yang sempat meregang. Stretch marks juga dapat terjadi pada masa pertumbuhan cepat pada masa pubertas karena tubuh tumbuh dengan cepat seperti pada usia Anda. Stretch marks juga sering terjadi jika terdapat riwayat dalam keluarga. Apakah ada riwayat obat-obatan kortikosteroid yang Anda gunakan? Rokok dan jarang berolah raga tidak menyebabkan terjadinya stretch marks secara langsung. Rokok sendiri memang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat menua, namun menyebabkan stretch marks.

Jika stretch marks mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Pada pengaruh karena pertumbuhan cepat masa puber, stretch marks pada remaja pria memang dapat terjadi pada daerah bahu dan punggung. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Anda alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Anda. Adakah keluhan lain yang Anda rasakan? Sudah berapa lama usia stretch marks Anda? Usia stretch marks juga mempengaruhi pilihan penanganan.

Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi:

 

  1. Krim tretinoin. Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.
  2. Terapi Laser. Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.
  3. Mikrodermabrasi. Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Untuk mendapatkan penanganan tersebut, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit atau dokter ahli estetika yang terlatih dengan terlebih dahulu dinilai kondisinya oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar