Sukses

gigi balita

18 Oct 2014, 20:46 WIB
Wanita, 32 tahun.
Pagi dok... anak saya Muhammad Zaki usia 23bln. Susaaaaaah banget diajari gosok gigi....sampe giginya kuning2 dan kaya yg aus gitu....gimana ya dok?gigi2 itu nanti akan copot dan tumbuh lagi kan?pada usia berapa anak harus dibiasakan periksa ke dokter gigi? Makasih ya dok sebelumnya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Saudari.

 

Pemeriksaan ke dokter gigi sebaiknya dilakukan sejak gigi pertama anak muncul. Kunjungan dilakukan berkala dalam 6 bulan sekali namum apabila giginya telah menguning dan aus seperti yang anak Saudari alami maka kunjungan dilakukan dalam 3 bulan sekali, hal ini dikarenakan  proses gigi berlubang pada anak dapat terjadi secara cepat dan invasif. Gigi pada balita adalah gigi susu yang semuanya akan mengalami pergantian dan dimulai pada umur 6 tahun. Namun walaupun gigi tersebut akan diganti tapi tetap harus dijaga kesehatannya.

Mengajari anak dalam menyikat gigi memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan, Saudari dapat memberikan contoh kepada anak atau melakukan sikat gigi bersama dan dapat juga dibantu dengan memberikan gambar-gambar orang sedang menyikat gigi. Mengingat keterbatasan anak dalam menyikat gigi maka orang tua harus mengawasinya.

Demikian informasi yang dapat sata berikan, semoga bermanfaat.

Salam

Drg. Arni Maharani

    0 Komentar

    Belum ada komentar