Sukses

Naik motor vs sperma

29 Sep 2013, 01:42 WIB
Pria, 22 tahun.
Selamat pagi dok sebelumnya terimakasih sudah di ijinkan bergabung di klik Dokter. saya mau bertanya apakah mengendarai sepeda motor setiap hari dengan jarak tempuh lebih dari 80 KM /hari bisa mengurangi kesuburan atau membuat air mani menjadi cair ? dan bagaimakah cara mencegah hal tersebut ? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sebetulnya semen (air mani) akan mengalami pengenceran setelah beberapa menit dikeluarkan. Jadi semen yang encer bukanlah suatu masalah. Jika dihubungkan dengan kesuburan, kekentalan semen berpengaruh pada pergerakan sperma. Semen yang lebih kental dari normal setelah diencerkan dapat mengurangi motilitas atau pergerakan sperma. Sewaktu berhubungan inti, semen yang terlalu kental dapat menghambat sperma sampai di mulut rahim (serviks).

 

Kekentalan atau viskositas cairan semen dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria.  Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Peningkatan suhu pada skrotum dapat mengganggu aktivitas produksi sperma. Untuk menjaga kesuburan, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, meletakkan laptop tepat pada paha/selangkangan Anda, berendam di air panas dan sauna. Jika harus bersepeda, naik motor atau duduk terlalu lama, beristirahatlah sejenak.

 

 

Berikut beberapa artikel yang mungkin dapat membantu Anda:

5 Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar