Sukses

batuk saat hamil, TBC?

17 Oct 2014, 18:18 WIB
Wanita, 24 tahun.
siang dokter... apakah orang hamil yang sering batuk, trus sembuh, trus kumat agi, sembuh lagi, dan itu terjadi berturut2, apakah termasuk tbc???
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih atas pertanyaan anda,

 

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Jangan terlalu cepat dalam mengambil kesimpulan. Diagnosis TBC memerlukan banyak pertimbangan dan bertahap.

 Kenali gejalanya

Gejala utama pada TB adalah batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih. Selain itu terdapat dahak bercampur darah/batuk darah, sesak nafas dan rasa nyeri pada dada, demam, berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas, badan lemah dan nafsu makan yang menurun.

Apabila dicurigai seseorang tertular penyakit TBC, maka beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis adalah:

  • Anamnesa baik terhadap pasien maupun keluarganya.
  • Pemeriksaan fisik.
  • Pemeriksaan laboratorium (darah, dahak, cairan otak).
  • Pemeriksaan patologi anatomi (PA).
  • Rontgen dada (thorax photo).
  • Uji tuberkulin.

Ada baiknya Anda memeriksanya lebih lanjut jika gejala-gejala tersebut diatas terdapat pada Anda. Jika hanya Infeksi paru-paru (Bronchitis) penanganannya berbeda. Silahkan berkonsultasi ke dokter spesialis Paru-paru untuk diagnosa yang lebih tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AK)

    0 Komentar

    Belum ada komentar