Sukses

Nyeri Payudara

27 Sep 2013, 12:14 WIB
Wanita, 37 tahun.
Dok,akhir2 ini sy suka merasakan nyeri spt ditusuk2 di payudara sblh kiri.Apakah hal ini berbahaya Dok?sy sering mengecek payudara,namun semua normal,tak ada benjolan atau apapun.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Bila Anda mencurigai keluhan nyeri bukan karena haid, sebaiknya Anda berobat ke dokter umum terlebih dulu untuk diperiksa. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar