Sukses

Bronkitis vs TB

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 23 tahun.
Salam Hormat Saya ingin bertanya dok kalo gejala TBC tuh seperti apa sih??terus ada tidak ciri spesifik pada dahak,,,beda tidak gejala TBC dengan Gejala BRONKHITIS????bagaimana cara membedakannya???dan Bagaimana cara mengatasinya,,,, Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Batuk lama atau batuk kronis dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

  1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)
  2. Alergi
  3. Asma
  4. Tuberkulosis (TBC)
  5. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

Beda antara tuberkulosis dan bronkitis yang utama adalah gejala sistemiknya. Pada tuberkulosis terdapat gejala-gejala seperti  lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat malam hari, dan demam yang tidak tinggi. Untuk membantu penegakkan diagnosa yang pasti diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen thorax dan pemeriksaan dahak. 

Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. 

Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB.

Pemeriksaan mantoux pada orang dewasa tidak seakurat untuk anak-anak karena pada umumnya orang dewasa memang sudah banyak yang terinfeksi kuman TB namun tidak aktif atau tidak bermanifestasi. Secara otomatis apabila seseorang sudah terinfeksi kuman, maka kekebalan tubuhnya akan terbentuk dan mantoux akan positif. Seperti yang kami ungkapkan di atas, penentuan diagnosis TB pada orang dewasa bukan berdasarkan mantoux namun berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen. Untuk memastikan apakah Anda benar positif TB maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dahak.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar