Sukses

Sakit Kepala & Mimisan

18 Oct 2014, 07:03 WIB
Wanita, 33 tahun.
dok,saya ibu rmhtngga.. sering sakit kepala,terkadang disertai mimisan. saya sudah berobat,tp sakit tersebut msh sering saya alami..apa yg hrs sya lakukan selanjutnya dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami membutuhkan lebih banyak informasi mengenai sakit kepala yang Anda alami. Apakah hanya sebelah? Apakah ada pencetusnya? Sewaktu berobat apa yang diberikan? Biasanya sakit kepala yang dihubungkan dengan mimisan adalah migren atau sakit kepala sebelah. 

Migren dapat terjadi pada setengah wajah, termasuk daerah dahi, sering juga sampai daerah mata dan pipi. Dasar dari migren adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang menimbulkan rasa nyeri karena menekan jaringan di sekitarnya. Oleh karena itu, kafein yang mempunyai efek konstriksi (penyempitan) pembuluh darah, berguna dalam mengatasi gejala migren.

Pencetus-pencetus serangan migren, umumnya berupa bau-bau tertentu, perubahan pola tidur, terlambat makan, stress psikis ataupun fisik, asap rokok, dll. Sedangkan makanan-makanan yang dapat memicu, antara lain:

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine atau difermentasi (keju)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG)/vetsin
  3. Alkohol
  4. Caffeinated (minuman bersoda, teh, kopi)

Mimisan lebih sering dijumpai pada orang dengan riwayat migren dibandingkan yang tidak. Namun mimisan juga dapat disebabkan hal lain, tidak harus berhubungan dengan sakit kepala yang ada. Untuk memastikannya kami menganjurkan Anda mengunjungi dokter umum atau dokter spesialis saraf.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar