Sukses

Tonjolan di Bibir Vagina

20 Oct 2014, 10:47 WIB
Wanita, 22 tahun.
Jadi begini Dok, Kamis (19/9/13) saya merasakan perih seperti luka pada satu titik di klitoris namun tidak terlalu mengganggu, hanya sedikit perih ketika berkemih atau terkena air. Di pikiran saya, mungkin luka ini akibat goresan pisau cukur pada Rabu (18/9/13). Saya memang rutin mencukur rambut kemaluan, tapi baru kali ini menimbulkan luka. Kebetulan Kamis (19/9/13) malam saya datang bulan dan Sabtu (21/9/13) perih tersebut semakin hebat, saya pikir menjadi demikian karena luka tak kunjung kering akibat lembab yang disebabkan oleh darah haid dan pembalut. Maka saya browsing sana-sini mencari informasi obat yang dapat menyembuhkannya. Kemudian saya menemukan jawaban, yaitu Vermint, herbal yang dimana cukup banyak orang berhasil sembuh dalam waktu yang cukup singkat dari luka jahitan pasca melahirkan normal dan operasi caesar. Minggu (22/9/13), saya membeli Vermint dan mulai mengonsumsinya sesuai aturan pakai. Senin (23/9/13), saya tidak merasakan progress pada sakit saya ini, perihnya justru semakin hebat, bahkan saya menemukan satu tonjolan keras sebesar jerawat di masing-masing labia minora kiri dan kanan, hal ini membuat saya benar-benar kesulitan untuk mebersihkan daerah kewanitaan saya. Selain tonjolan, ada pula cairan putih pekat yang terus keluar dari dalam vagina, namun aroma dan teksturnya saya kira berbeda dengan keputihan. Dan Selasa (24/9/13) siang tadi, ketika saya melihat organ kewanitaan saya di cermin, saya mendapati tonjolan yang seperti jerawat tersebut menjadi semakin banyak, menyebar di labia minora, labia mayora, perineum, dan bibir anus. Dari riwayat perawatan organ kewanitaan, bisa dibilang saya bersihan. Dalam sehari, minimal saya mengganti celana dalam sebanyak 3x. Saya juga selalu mengeringkan organ kewanitaan sebelum mengenakan celana dalam. Untuk penggunaan pembersih kewanitaan, saya hanya menggunakannya sesekali jika dibutuhkan. Ketika datang bulan pun, setiap berkemih saya selalu ganti pembalut. Penangan yang sudah saya lakukan sampai saat ini, yaitu membasuh kewanitaan saya dengan Betadine Feminine Hygiene, menempelkan daun binahong, dan mengganti pembalut yang biasa saya gunakan dengan Avail. Saat ini saya kesulitan bergerak, Dok. Gesekan sedikit saja, perihnya begitu hebat. Di kanan-kiri tulang vagina juga ada tonjolan sebesar kelereng yang nyeri bila disentuh. Bersamaan dengan ini, saya juga sempat mengalami demam dan sakit kepala. Kira-kira penyakit apa yang saya derita, Dok? Bagaimana cara mengobatinya? Apakah bisa sembuh total? Dan apakah penanganan yang sudah saya lakukan sejauh ini sudah tepat? Demikian, Dok. Terimakasih banyak sebelumnya. :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya turut prihatin dengan kondisi Ibu. Sayangnya keluhan Anda ini sulit untuk didiagnosis tanpa pemeriksaan langsung. Yang Anda alami dapat merupakan bartholinitis atau peradangan kelenjar bartholin.

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk membasahi/melumasi vagina.

Kelenjar bartholin dapat terinfeksi dan jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses

Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit karena dapat terus membesar hingga ukurannya menjadi sebesar telur.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista.

Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan fisik mendetil secara langsung dan penanganan yang optimal. Perlu dipastikan langsung apa yang Anda maksudkan dengan tonjolan dan jerawat pada daerah sekitar kemaluan Anda. Jika hanya bartholinitis maka penanganannya dapat menggunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter. Jika tidak segera ditangani maka kista bartholin dapat terinfeksi seperti yang telah kami jelaskan di atas sebelumnya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar