Sukses

LEEP Cauter untuk Serviks

18 Oct 2014, 19:03 WIB
Wanita, 36 tahun.
selamat mlm Dokter,saya mau tanya, bulan juni kemarin saya papsmear,hasilnya Nampak sel" atipik yang meragukan keganasannya,lalu saya rujuk untk pemeriksaan lbh lanjut..setelah saya ke rmh sakit yg dituju saya disarankan untuk melakukan pemeriksaan KOLPOSKOPY dan hslnya Ectocervix;Low Grade S.I.L.; CIN 1 +HPV Infection.Basal membrane intact.Kelenjar Endocervix;Endocervitis chronis.Tidak didapatkan tanda" keganasan.Kesimpulan; LOW GRADE S.I.L.;CIN 1 +HPV INFECTION, trs sy disarankan oleh dokter untuk leep cauter....tp saya takut jd saya pikir" dulu...yg ingin saya tanyakan apakah HARUS di leep cauter? apa tdk ada pengobatan lain,misal pemberian obat gitu...soalnya dokter yg menangani saya blg emang hrs di leep... terima kasih Dokter, dan selamat malam..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada hasil pemeriksaan yang menunjukkan adanya CIN (carsinoma in situ) memang dianjurkan  untuk dilakukan penanganan lanjutan dengan LEEP (Loop Electrosurgical Excision Procedure) Cauter. Hal ini selain sebagai terapi untuk mengangkat jaringan yang berpotensi menjadi kanker juga untuk memastikan wilayah yang terdapat CIN yang merupakan cikal bakal kanker ini secara keseluruhan.

Anda dapat lebih tenang karena prosedur ini termasuk prosedur sederhana, dengan bius lokal dan kegunaannya penting untuk mencegah komplikasi lebih jauh dan juga untuk memastikan kondisi sel-sel pada daerah leher rahim. 

Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai prosedur ini, bagaimana prosedurnya, untung rugi serta kepentingannya. Dokter akan membantu Anda untuk mengambil keputusan yang paling baik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar