Sukses

Kutil Kelamin vs. Hamil

25 Sep 2013, 20:11 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat siang.. usia saya 24th dan saya baru menikah sekitar 4 bulan yg lalu.saya belum hamil,padahal saya ingin sekali cepat hamil,tapi usaha kami terhambat sesuatu seperti daging tumbuh di dekat dubur saya..tiap kali berhubungan rasanya perih sampai berdarah.karena takut mulai dari hari itu kami berhenti berhubungan.lalu saya periksakan ke dokter kulit kelamin yg ada di daerah saya,ternyata itu kutil kelamin yg bisa menular dan kondisi saat itu kutilnya sudah lumayan banyak.dokter cuma mengoles seperti cairan panas,dia bilang kalau daging ini tidak berkurang segeralah ke dokter bedah.saya takut kalau virus ini bisa membuat saya mandul.selang seminggu ternyta kutil itu seperti terbakar dan berkurang,tapi belum total hilang,daging ini juga tidak tumbuh lagi..tapi ada rasa gatal di sekitar bibir miss v saya,saat saya raba seperti ada bentolan seperti di gigit nyamuk tapi lebar2 ukuran nya.3 hari yang lalu saya juga keputihan,warna nya putih sus dan bergumpal kering.sekarang pertanyaan saya, apakah saya bisa hamil padahal sudah terkena virus in?? apakah ini masih menular apabila saya mulai berhubungan dengan suami? saya bingung mesti periksa lagi ke dokter kulit kelamin atau ke dokter kandungan?? mohon bantuan nya dok,terimakasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh.

Bagaimana dengan ukuran jengger ayam pada kelamin Anda? Apakah cukup besar? 

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Sehingga memang dapat ditularkan pada suami Anda. Untuk itu sebaiknya suami Anda juga turut diperiksakan dan dievaluasi, jika ditemukan juga kutil kelamin pada suami Anda maka perlu segera diobati juga. Selama pengobatan sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu. Anda sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menangani keluhan Anda. 

Jika tidak terdapat masalah pada saluran reproduksi Anda, maka tidak ada masalah untuk hamil. Perlu juga dilakukan pemeriksaan leher rahim Anda dengan papsmear untuk mengevaluasi apakah infeksi HPV juga terjadi pada leher rahim.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar