Sukses

Lemas, Mengantuk, Sering Kencing

20 Oct 2014, 10:56 WIB
Pria, 19 tahun.
maaf dok, gini saya ini punya keluhan, hampir 2 jam sekali saya kencing, terus sering kehausan, badan terasa cepat lemas, lelah, mengantuk! jadi apa ini termasuk gejala diabetes? terus kalo iya, saya harus gimna dok??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 


Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini? Bagaimana dengan pola hidup Anda? Apakah Anda banyak minum? Apakah Anda bekerja pada daerah yang panas atau dengan kelembaban tinggi sehingga sering haus? Apabila Anda banyak minum maka wajar untuk sering kencing. 

Mudah mengantuk, dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kurang tidur, kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang Anda keluhkan. Selain porsi makanan, sebaiknya Anda juga memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

  • asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah
  • makan teratur 3x/hari
  • istirahat atau tidur teratur, 6-8 jam sehari
  • berolahraga 3-5x/minggu, @30 menit
  • medical check-up 1 tahun sekali

Diabetes memberikan gejala khas seperti cepat haus, cepat lapar dan sering buang air kecil. Selain itu juga terdapat penurunan berat badan yang drastis yang tidak dapat dijelaskan. Diagnosisnya harus didukung dengan pemeriksaan gula darah. Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes? Untuk memastikan keluhan Anda sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penapisan dini dengan pemeriksaan gula darah.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar