Sukses

Leukemia: Menular?

19 Oct 2014, 19:36 WIB
Pria, 32 tahun.
maaf dok sblmnya.saya mau cerita dlu.waktu anak saya umur 1 th anak saya d asuh oleh ttngga saya,dia mempunyai seorang anak yg skrang d vonis penykit leukimia.kami khawatir trhdp anak saya,krn swktu d asuh sm ttngga saya apa2 kan selalu berduaa mulai makan,minum.main dsb.sampai minum bsusu pakai dot pun d gunakan berdua. yg saya tanyakan adalah 1.apa itu leukimia 2.berbahayakah leukimia itu 3.penularannya melalui apa 4.apakah kemungkinan anak saya bs tertular itulah semua yang jd pikiran dan kekhawatiran kami.sblmya sya mnta maaf dan mhn penjelasannya?terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Leukemia (kanker darah putih) adalah kondisi keganasan dimana jumlah sel darah putih bertambah semakin banyak daripada jumlah sel darah merah. Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan leukemia, yaitu radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu (termasuk HIV) hingga faktor genetik.

Pengobatan yang diberikan bergantung pada subtipe yang didapatkan. Terapi utama pada penderita leukimia adalah kemoterapi. Lebih dari 90% penderita dapat dikendalikan penyakitnya setelah kemoterapi awal. Namun jika tidak segera diobati dengan tepat dapat berbahaya dan menyebabkan kematian.

Penyakit ini tidak menular, sehingga Bapak dan Ibu tidak perlu terlalu khawatir. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar