Sukses

Antibiotik vs. Dada Terasa Berat

20 Oct 2014, 05:44 WIB
Wanita, 32 tahun.
dok kurang 2bln yg lalu saya operasi secar,skrng luka secar saya kluar nanah & darah,trus berlubang.saya sdh priksa ke dktr specialis kandungan & nanah sdh dikeluarkan,dia blg kl dlm sminggu lubang tdk nutup n berair trs,mau dijahit lokal n saya hrs mnm antibiotik dosis tinggi.tp stlh 2hr mnm obat,saya rasa ada yg aneh dg dada saya,saya rasa kerja jantung saya berat,saya jd kurangi dosisny,dari 3x1,jd 2x1.obatnya itu kalnex 500,metronidazole 500,clindamycin 300.yg saya mo tanya.apa dosis 3x1 terlalu tinggi buat saya?,sehingga dada saya berat. bolehkah saya kurangi jd 2x1 atau saya brenti minum antibiotiknya? apa ada kmungkinan saya hrs operasi ulang dok? saya msh trauma dg operasi secar saya. terima kasih,mohon jawab ya dok..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya turut prihatin dengan kondisi kesehatan Ibu saat ini. Namun, tindakan Ibu untuk mengurangi dosis antibiotik Ibu merupakan tindakan yang tidak bijaksana. Antibiotik merupakan obat yang harus digunakan dengan tepat dan hati-hati baik dosis maupun aturan pakai dan lamanya. Jika dosis dan lamanya tidak sesuai maka dapat menyebabkan resistensi bakteri dan menyebabkan bakteri menjadi lebih sulit untuk dibasmi sehingga infeksi semakin sulit untuk ditangani. Untuk itu, jika Anda merasakan keluhan dari pengobatan, Ibu perlu mengunjungi dokter Ibu dan menjelaskan keluhan Ibu sehingga dokter dapat mengganti obat dengan obat lain yang efektivitasnya kurang lebih sama. Beritahukan kepada dokter Anda mengenai segala keluhan yang Anda rasakan dalam pengobatan. 

Jika infeksi Ibu tidak teratasi dengan baik maka memang diperlukan penjahitan ulang. Untuk itu, saat ini Ibu perlu mendiskusikan dengan dokter Ibu mengenai pengobatan yang paling sesuai untuk Ibu.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar