Sukses

Anemia dalam Kehamilan

25 Sep 2013, 21:06 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dear Dokter... Dok, saya mau tanya, sekarang saya sedang mengandung dan masuk kepada bulan ketiga, pada dua bulan pertama saya merasakan mual yang hebat, sehingga nafsu makan berkurang, setelah konsultasi dgn dokter hal itu wajar terjadi pda ibu hamil di trimester awal, namun memasuki bulan ketiga ini saya sempat sakit dan harus rawat inap karena menurut dokter saya terkena anemia yang cukup parah, sehingga hal itu bisa membahayakan janin yang ada di rahim saya... Mohon Penjelasannya dokter... Apa hal itu adalah bawaan bayi atau memang faktor pekerjaan saya yang terlalu banyak, karena mengingat semua suplement dan obat-obatan yang diberikan dari dokter selalu saya habiskan... Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Ya, Ibu, pada kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang dapat mempengaruhi asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Suplemen yang Ibu konsumsi pun dapat keluar kembali ketika Ibu mual dan muntah. Anemia yang cukup parah dapat menyebabkan janin yang kecil dan juga lahir sebelum waktunya, untuk itu anemia Ibu memang perlu segera ditangani. Apakah saat ini Ibu masih mengalami mual-muntah dan tidak nafsu makan? 

Saya doakan kondisi Ibu segera pulih, Ibu dan bayi sehat selama kehamilan dan proses persalinan.

Ibu juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk panduan informasi lengkap selama masa kehamilan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar