Sukses

Menurunkan Berat Setelah Melahirkan

24 Sep 2013, 21:42 WIB
Wanita, 28 tahun.
dear Dokter, sejak melahirkan berat badan saya meningkat drastis dan susah turun. saat ini saya masih menyusui, diet apa yang cocok untuk mwnurunkan berat badan plus aman untuk Baby terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berikan waktu untuk tubuh Anda menyesuaikan diri. 

Untuk mengembalikan bentuk tubuh semula sebelum melahirkan, Anda dapat melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap setelah beberepa waktu dari proses melahirkan.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dll yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula. Memang merupakan suatu hal sulit untuk mengembalikan perut ke kondisi semula pasca melahirkan, karena itu diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. Menggunakan kain yang dililitkan ke perut tanpa melakukan olahraga tetap tidak dapat mengencangkan otot perut.

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Jika Anda berolahraga secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan berat badan:

  1. Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit
  2. Kurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks
  3. Hindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsb
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolah
  5. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)
  6. Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur.
  7. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran

Jika Anda sedang menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan yang tidak jelas kandungan bahan aktifnya karena terdapat kemungkinan dapat masuk ke ASI dan dapat membahayakan bayi Anda. Selain itu, Anda tetap harus menjaga asupan gizi seimbang untuk menjaga kualitas ASI Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar