Sukses

Kemerahan, Gatal, Kehitaman di Kulit

19 Oct 2014, 20:49 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalamu'alaikum Dokter. Saya mau bertanya, kulit lengan atas saya brentus2 seperti biang keringat, rasa nya gatal, lalu jika sudah lama (akan sembuh) tumbuh rambut dan bekas nya meninggalkan noda hitam. kira-kira kulit saya kenapa ya Dok, dan bagaimana penyembuhan dan penghilangan noda hitamnya ?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Bercak merah yang hilang timbul pada kulit anda mungkin saja terjadi akibat adanya alergi pada tubuh anda. Dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah dermatitis alergi. Keluhan tersebut akan timbul setiap kali anda terpajan dengan zat-zat penyebab alergi. Untuk itu, cara terbaik untuk mengatasi keluhan tersebut adalah dengan menghindari pajanan terhadap zat yang menimbulkan alergi. Zat yang menimbulkan alergi disebut sebagai alergen. Alergen dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran napas (inhalan), pencernaan (ingestan), suntikan (injektan), atau yang menempel pada kulit (kontaktan). Masuknya alergen ke dalam tubuh akan menimbulkan reaksi dalam tubuh, sehingga merangsang timbulnya reaksi alergi, yang pada diri anda berupa munculnya bercak-bercak merah pada kulit.

Kemungkinan lainnya adalah keratosis pilaris yang teriritasi, kelainan kulit ini timbul akibat adanya penumpukan keratin, lapisan pelindung di kulit. Obat keratosis pilaris biasanya simtomatik, artinya hanya menghilangkan gejala karena kelainan ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya.

 

Untuk menghilangkan keluhan Anda, tentunya harus diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesegera mungkin sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Anda dapat meminta untuk dilakukan  pemeriksaan Skin-Prick Test atau Patch Test ini oleh dokter Kulit atau dokter Penyakit Dalam subspesialis Alergi dan Imunologi. 

Daerah berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi dan dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dan usia kehitaman di kulit Anda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,


 

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar