Sukses

Anak suka menggigit orang lain

18 Oct 2014, 19:21 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat pagi dok, saya punya anak perempuan umur 2 tahun dan bayi berumur 3 bulan. anak perempuan saya ini sangat suka sekali menggigit atau mencubit orang-orang yang mengganggu dia. Saya jadi serba salah kalau mengajak dia keluar rumah. Apakah saya salah kalau mencubit, menyentil dan menjewer anak saya dok? apakah kelakuan anak saya ini memang wajar? apakah saya boleh mencoba memberikan hukuman kepada anak umur 2 tahun? Adiknya sering menjadi korban digigit, dipukul maupun di tendang. Saya tahu dia cemburu tapi saya mencoba untuk tetap memberikan perhatian kepada anak perempuan saya. mohon jawabannya terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kebiasaan menggigit orang lain yang dilakukan oleh anak anda merupakan salah satu cara anak untuk mencari perhatian dari lingkungan sekitarnya. Hal ini merupakan perilaku yang sering terjadi pada anak-anak seusia anak anda hingga anak berusia 2-3 tahun. Anda harus lebih bersabar dalam menghadapi perilaku anak yang seperti itu. Hindari untuk memarahi anak saat anak mengulangi perbuatan tersebut, beritahukan anak dengan cara baik-baik bahwa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan. Dengan semakin bertambahnya usia anak anda, anak akan dapat memahami mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan, sehingga kebiasaan tersebut akan menghilang secara perlahan dengan edukasi yang tepat dari orang-orang disekitarnya. bagaimana dengan anda dan keluarga anda terhadap sikap anak yang suka menggigit orang lain?apakah anda memberikan perngertian kepada anak anda atau justru terkesan menerima atau menganggap hal tersebut lucu/biasa.bila iya maka anak anda menganggap bahwa hal tersebut boleh dilakukan sehingga anak anda meneruskan kebiasaan menggigit orang lain. Untuk itu peran orangtua serta lingkungan sekitar sangatlah penting.

 

Mendidik anak dan menyediakan pendidikan bagi anak memang merupakan hal yang penuh tantangan bagi para orang tua. Semakin meningkat usianya, maka anak akan terus belajar dari lingkungannya. Anak akan meniru apa yang dilihatnya dan melakukan seperti yang dilihatnya. Untuk itu, penting untuk tetap mendidik anak secara emosional, psikologis dan akademis secara seimbang. Pendidikan akademis akan membantu anak mengembangkan kemampuan akademisnya. Pendidikan psikologis akan membantu anak belajar bertanggung jawab dan berdisiplin. Pendidikan emosional akan mendidik anak memiliki empati yang tepat. Untuk itu peran serta orang tua di rumah sangat besar. Bimbingan dari orang tua untuk meneladankan disiplin, tanggung jawab serta membimbing anak mengenal benar dan salah di usia dini memegang peranan besar pada perilaku anak. 

Untuk itu saat ini, Anda perlu menerapkan kasih sayang yang tegas dalam membimbing anak Anda mengenal apa yang benar dan salah. Anak belum tahu apa yang benar dan salah, apa yang baik dan tidak baik, apa yang sopan dan tidak. Untuk itu, tugas orang tualah untuk memberikan bimbingan yang terarah untuk membantu anak mengenal apa saja yang dilakukannya apakah benar atau salah. Bila anak bertingkah laku salah, nakal, tidak sopan, Anda dapat memberitahu dan mencontohkan yang baik dan seharusnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar