Sukses

ISPA

23 Sep 2013, 20:45 WIB
Pria, 17 tahun.
dok aku mau tanya ,tentang penyakit ISPA apakah penyakit ini bisa mengakibatkan dampak buruk bagi kita,. dan dampak terbesar nya apa dok,. apakah penyakit ini bisa mengakibatkan kematian
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influensa, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus

ISPA sendiri cukup berbahaya, karena di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) dan tuberkulosis (TB). 

Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Jika terjadi pada anak, anak dapat mengalami berbagai efek samping seperti gangguan kecerdasan, gangguan perkembangan motorik, gangguan pendengaran dan keterlambatan bicara.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Pancaroba, Waspadai ISPA Dan Gastrointritis

Enyahkan ISPA dengan Terapi Garam

Peningkatan Suhu Iklim Potensi Penyakit ISPA Melonjak 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar