Sukses

Jamur pada mulut dan kuku

18 Oct 2014, 15:35 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok, sudah hampir 2 bulan kuku saya berjamur, ujung kuku berwarna putih, klo gunting kuku suka ada serbuk putih gitu d ujung kuku, mulut saya 2 minggu terakhir nambah bintil2 seperti spora pada bagian pangkal, dan putih2 pada dinding kerongkongan/tenggorokan, apa sokusinya ya dok ? apakah ada pengobatan yang murah & sederhana ? atau harus k dokter ?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk/Ibu. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Dari keterangan Anda, ada kemungkinan bahwa Anda sedang mengalami infeksi jamur yaitu jamur Candida. Kondisi ini dalam bahasa medis disebut Candidiasis, dan lazim ditemukan di rongga mulut, namun juga dapat terjadi pada anggota tubuh lainnya seperti daerah kewanitaan dan kuku jari.

Beberapa obat-obatan dan masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan jamur Candida. Misalnya seseorang yang sering mengkonsumsi antibiotik kuat dan menyebabkan ketidakseimbangan flora normal, sehingga terjadi pertumbuhan jamur secara berlebihan.  

Untuk menentukan perawatan yang tepat, diperlukan penegakan diagnosa yang akurat. Oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung, apakah memang benar yang terjadi adalah infeksi jamur Candida. Dokter yang merawat Anda akan meresepkan obat anti jamur. Namun saya tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu secara langsung ke dokter yang berkompeten, karena apa yang dapat saya sampaikan di sini hanyalah berdasarkan asumsi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar