Sukses

Tekanan Darah Naik

18 Oct 2014, 20:29 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok knp istri saya tiap mau datang bulan suka telat...trs kepala suka sakit darah naik badan pegal-pegal knp dok...apa krn berat badan apa pil kb
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari (dari hari pertama setelah haid sebelumnya hingga 1 hari sebelum haid berikutnya), 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Bagaimana dengan siklus mentruasi istri Anda selama ini? Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, meskipun waktunya bergeser. Bila tanggal menstruasi sebelumnya mundur, maka kemungkinan besar tanggal menstruasi berikutnya juga mundur.

Apa yang Bapak dimaksud dengan darah naik? Apakah tekanan darah meningkat? Sejak kapan istri Anda mengalami hipertensi? Apakah istri Anda rutin berobat dan kontrol untuk hipertensi anda selama ini? Bagaimana dengan pola hidup istri Anda (makan,minum,rokok,olahraga,dsb)? Dari data yang diberikan memang istri masuk ke dalam kategori overweight (berat badan berlebih). Ubahlah gaya hidup denganmengatur diet serta meningkatkan aktivitas fisik untuk menurunkan berat badan. Berat badan berlebih memang merupakan salah satu faktor risiko hipertensi. 

Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu, hipertensi perlu dideteksi dini yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah secara berkala, yang dapat dilakukan pada waktu check-up kesehatan atau saat periksa ke dokter. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan banyak komplikasi.

Kami menyarankan istri Anda mengunjungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut mengenai keluhan tekanan darah tinggi ini. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar