Sukses

Anak Belum Bisa Angkat Kepala

20 Oct 2014, 00:39 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat Siang Dokter, Dok, anak saya laki - laki usia 6 bulan TB 79 BB 8 kg, sampai saat ini masih kurang kuat mengangkat kepalanya dengan tegak dan juga masih belum bisa tengkurap, padahal saat usianya 3 bulan anak saya selalu ingin ditengkurapkan dan selalu mencoba mengangkat kepalanya sendiri. yang saya ingin tanyakan mengapa anak saya masih kurang kuat mengangkat tegak kepalanya dan belum bisa tengkurap? apakah dikarenakan anak saya minum susunya susu soya dan kurang ASI ( mulai usia 3 bulan tidak mau ASI ) karena ada alergi susu sapi, jadi mungkin kalsiumnya kurang? saya mohon jawaban dari Dokter, Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Ibu. Pertama-tama terdapat beberapa informasi yang kami perlukan. Berapakah berat lahir anak Ibu? Apakah cukup bulan? Apakah selama ini pernah sakit/dirawat di rumah sakit? Berapakah jumlah susu yang diminum setiap harinya? Apakah ada masalah minum terputus-putus? Apakah pernah dibawa ke dokter anak?

Dari data berat dan tinggi badan yang Ibu berikan, status nutrisi anak masuk ke dalam kategori gizi buruk (kurang dari z-score -3 pada kurva pertumbuhan WHO). Hal ini memang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisis secara langsung. Dari pemeriksaan fisis dapat dipastikan apakah sesuai dengan gizi buruk atau tidak. Dari informasi yang Ibu berikan, memang terdapat keterlambatan perkembangan motorik kasar. Seharusnya pada usia 6 bulan, anak sudah bisa duduk. Hal ini dapat berhubungan dengan status nutrisinya. 

Kami menyarankan Ibu membawa anak Ibu ke dokter spesialis anak untuk dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab gizi buruknya (bila memang gizi buruk, tergantung pemeriksaan fisis) - apakah ada penyakit yang mendasari atau asupan nutrisi yang kurang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar