Sukses

Bisul di Leher

20 Oct 2014, 08:49 WIB
Pria, 22 tahun.
dok dibelakang leher saya ada seperti jerawat bernanah gitu, dan 2 hari setelah itu terasa agak sakit dan agak memerah disekitarnya, apakah ini tidak apa2 dok..??? apakah ini bisul...?? dan jika bisul apakah tidak berbahaya dan bisa sembuh sendirinya..?????
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Benjolan leher satu sisi dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, apakah keluhan gatal yang anda rasakan berhubungan dengan benjolan tersebut atau tidak,dsb yang baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksan fisis secara langsung.

Karakteristik benjolan yang ada pada Anda yaitu merah dan bernanah menunjukkan penyebabnya adalah infeksi. Apabila tidak ada demam, Anda dapat merawatnya dengan kompres rivanol 2x/hari untuk mengeringkan nanahnya. Selanjutnya Anda dapat mengoleskan salep antibiotik. Untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat, kami menyarankan Anda mengunjungi dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar