Sukses

Hematoma subgaleal

19 Oct 2014, 21:09 WIB
Wanita, 1 tahun.
Salam dokter, saya Willy dari Malang JATIM. Senin yg lalu anak saya terpeleset karena mengompol, terjatuh dengan kepala sebelah kiri terbentur lantai. Malamnya nangis tidak mau tidur, tiap 2 jam sekali terbangun. Esoknya saya mendapati di sebelah kiri kepala anak saya ada sesuatu yang lunak jika disentuh, diameter sekitar 4 cm. Tidak muntah sama sekali. Aktivitas keseharian sejak selasa hingga saat ini juga normal, kualitas makan dan minum susu juga baik, tidur juga nyenyak. Yang saya khawatirkan adalah apakah pembengkakan tersebut berbahaya? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah benjolan tersebut disertai juga dengan memar atau kebiruan pada area tersebut? Apakah anak Anda juga mengalami keluhan lain seperti mual, muntah, nyeri kepala?

Saya menduga anak Anda mengalami hematoma subgaleal berdasarkan kondisi yang Anda ceritakan. Namun untuk memastikannya dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan radiologi kepala dan jika memang betul anak Anda mengalami subgaleal hematoma, maka kondisi tersebut tidak berbahaya karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun untuk penatalaksanaan biasanya dokter akan mengambil darah dari benjolan yang lunak tersebut.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat membawa anak Anda ke dokter spesialis anak untuk penegakkan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar