Sukses

Minus Mata Berbeda Jauh

20 Oct 2014, 10:36 WIB
Wanita, 10 tahun.
salam hangat. anak saya perempuan kelas 4 SD.dan mengalami masalah pada mata.untuk mata kanan minus 1,5 dan yang kiri kata dokter -14. yang saya ingin saya tanyakan untuk mata kiri apakah bisa memakai kacamata atau ada cara lain untuk di sembuhkan. jika bisa dimana? bisa di lakukan. terimkaasih atas jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo Bapak/Ibu. Salam saya untuk anak Anda. Apakah Anda sudah membawa anak Anda ke dokter spesialis mata? 

Perbedaan minus yang sangat jauh antara kedua mata perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Selain pemeriksaan refraksi, diperlukan pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan bagian penerima rangsang cahaya di belakang bola mata dan pemeriksaan saraf mata untuk mengetahui fungsi penglihatan dan bola mata.

Seringkali, perbedaan minus yang sangat jauh antara kedua mata, disebabkan karena adanya ambliopia atau mata malas.

Mata malas atau dalam bahasa kedokterannya di sebut dengan ambliopia, terjadi karena penurunan ketajaman penglihatan akibat dari rangsangan pada mata yang berkurang. Karena terjadi penurunan ketajaman penglihatan, informasi yang diterima otak menjadi salah. Otak akan memprioritaskan bayangan yang datang dari mata yang sehat dan mengabaikan bayangan dari mata yang lebih lemah atau mata ambliopia.

Hal ini akan memperparah mata yang mengalami ambliopia karena mata tersebut tidak digunakan. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik,  akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.  

Ambliopia apabila ditemukan pada kanak-kanak maka dapat diatasi dengan menggunakan patching atau penutup untuk mata yang sehat. Menutup mata yang sehat akan melatih mata malas tersebut untuk bekerja lebih baik dan memperbaiki daya pandang. Namun apabila ambliopia ditemukan pada dewasa, umumnya angka keberhasilan akan sangat rendah.

Untuk itu, saya sarankan sebaiknya Anda membawa anak Anda untuk mengunjungi dokter spesialis mata untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan yang optimal segera agar tidak terlambat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar