Sukses

Gigi Berlubang Sebabkan Sinusitis

30 Dec 2015, 12:23 WIB
Wanita, 28 tahun.

siang dok... saya mau nanya... gigi saya itu berlubang sudah dari tahun 2012 kemaren. karena saya trauma dengan cabut gigi dan tambal, maka saya urungkan untuk cabut dan tambal gigi. jadi setiap sakit, saya periksa ke puskesmas. sakit gigi nyeri ato ngilu dari gigi berlubang sangat jarang saya alami. cuma seringnya migrain. pernah saya konsultasi sama dokter THT, soal migrain dan sakit flu saya, kata dokter tsb, migrain disebabkan krn gigi berlubang dan saya harus membenahi gigi dulu. dan flu mendekati sinus jika tidak dijaga kesehatannya. Email dari gigi berlubang sudah tinggal sedikit sudah terlihat gusinya. rencana gigi akan saya cabutkan besok sabtu, namun masih ada kekhawatiran ttg rasa sakit stlh proses pencabutan gigi atau infeksi. karena banyak artikel yang baca tentang kejadian2 / efek2 negatif setelah cabut gigi terutama geraham.namun jika tidak segera dicabut atau ditambah bisa menimbulkan efek yang lebih mengerikan. yang inin saya tanyakan, apa solusi yang terbaik untuk gigi berlubang saya? obat apa yang saya minum, setelah gigi dicabut? agar tidak terjadi sakit atau infeksi yang bisa bikin fatal lagi. karena saya tidak ingin gara2 gigi, bisa merusak aktiftas saya. padahal saya termasuk rajin dalam menggosok gigi dan menjaga makanan dan minuma yang dikonsumsi. cuma saya jarang konsultasi ke dokter gigi. karena saya takut sama dokter. terima kasih

Sdr/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Gigi atas yang berlubang besar di mana infeksi telah meluas mencapai akar gigi memang berpotensi menyebabkan sinusitis, meski bergantung pada jarak dari dasar sinus ke akar gigi.

Untuk memastikan hal ini sebaiknya dilakukan foto rontgen. Gigi berlubang yang sudah terlanjur dalam akan mengakibatkan kematian pada syaraf gigi tersebut.

Jika sisa gigi sudah tinggal sedikit, sulit untuk mempertahankan gigi tersebut, oleh karena itu gigi terpaksa dicabut. Setelah pencabutan, dokter gigi akan meresepkan obat-obatan penghilang rasa sakit dan antibiotik jika perlu. Ikuti dengan seksama instruksi paska pencabutan yang akan dijelaskan oleh dokter gigi Anda.

Anda tidak perlu khawatir. Jika dilakukan sesuai prosedur, gigi dapat dicabut dengan resiko komplikasi yang sangat minimal. Oleh karena itu sebaiknya saya sarankan Anda untuk memerikasakan diri ke dokter gigi yang berkompeten atau sudah memiliki reputasi baik di kota tempat tinggal Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat membantu Anda.

 

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar