Sukses

Ingin Memiliki Anak Kedua

19 Oct 2014, 13:27 WIB
Wanita, 28 tahun.
siang dokter,saya mau tanya,saya sdh punya anak 1,sdh berumur 5th,dan skrg ni suami saya ingin punya anak lagi tp sampai sekarang msh blm hamil2 juga! saya dan suami untuk saat ini bekerja semua yang saya tanyakan apakah karno faktor kami kerja,jadi susah untuk hamil atau gimana ya dok? thank you
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam kenal, Ibu. Salam Saya untuk keluarga Anda. Saya memahami keinginan Anda dan suami untuk memiliki anak lagi.

Apakah sebelum hamil anak pertama, siklus menstruasi Anda teratur? Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-7 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut.

Jika sudah pernah hamil sebelumnya dengan normal, maka sebenarnya kemungkinan untuk hamil lagi cukup besar. Yang perlu diperhatikan adalah hubungan seksual perlu dilakukan dengan teratur dengan frekuensi 2-3 kali dalam seminggu, terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. 

Saya sertakan juga artikel untuk informasi lengkap Ibu:

Merencanakan Kehamilan

6 Tips Mempercepat Kehamilan

Semoga Anda dan suami dapat segera memperoleh buah hati.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar