Sukses

Gangguan Perut Kiri & Denyut Jantung

18 Oct 2014, 10:29 WIB
Pria, 31 tahun.
sudah lebih dari 6 bulan saya mengalami asam lambung berlebih, hampir setiap hari selalu kambuh walaupun sudah pantang dan minum obat yg akhirnya membuat bosan. saya sudah temui spesialis penyakit dalam, spesialis jantung - EKG dan echo pun sudah dijalani, jantung keseluruhan normal hanya ada katup yg bocor tp sangat kecil, yg saya mau tanyakan kenapa kalau malam terkadang perut sebelah kiri (lambung) berdenyut seperti lambung, datang dan pergi, jika saya minum dan tarik nafas dalam hilang, lalu nantinya akan datang lagi, sebelumnya degupan suka berawal dari jantung lalu turun kebawah, tetapi jika saat siang, semua normal, itu terjadi pada saat saya tidur/istirahat mohon informasinya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gangguan saluran cerna dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti karena bakteri atau pengaruh psikologis.Keluhan Anda adalah rasa tidak nyaman di daerah perut (perut berdenyut), jantung berdebar, terutama dirasakan pada malam hari. Keluhan ini lebih dirasakan pada malam hari, kemungkinan karena pada siang hari Anda sibuk beraktivitas sehingga keluhan tidak dirasakan. Pada malam hari saat aktivitas berkurang dan lebih santai Anda jadi lebih dapat merasakan keluhan Anda.

Jika Anda sudah mengunjungi dokter dan telah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya baik maka mungkin juga yang Anda alami adalah gejala psikosomatis.

Gejala psikosomatis dapat berbeda untuk setiap orang. Sakit perut, nyeri dada, sakit kepala, gangguan saluran cerna, berdebar-debar. Kesamaannya adalah tidak ditemukan adanya kelainan fisik pada pemeriksaan fisik maupun penunjang.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan seseorang mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang. Selain itu keluhan tersebut tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Bagaimana dengan pola hidup Anda? Apakah saat ini Anda Anda sedang mengalami stres atau beban pikiran tertentu? 

 

Pada orang yang menderita sakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, soda, dan makanan yang banyak mengandung gas seperti beberapa jenis sayuran. Kebiasaan seperti merokok stress dapat  merangsang asam lambung. Stres juga dapat memicu gejala maag. Dan usahakanlah untuk selalu makan tepat pada waktunya setiap hari. Untuk menghindari makanan yang dapat membuat kembung, coba bacalah artikel : 

 

Selain itu Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

 

 

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari

 

  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

 

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi. Untuk pengobatan silahkan Anda memintanya ke dokter yang menangani Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar