Sukses

Daging Tumbuh di Lubang Anus

20 Oct 2014, 11:09 WIB
Pria, 22 tahun.
di samping lobang anus saya ada seperti daging tumbuh dok, terkadang terasa sakit dan sedikit bengkak, dan terkadang tidak menyakitkan dok,,, kambuh-kambuhan gitu,, apakah ini tidak apa2 dok,, atau apakah ini termasuk wasir ekternal..?? apakah dibiarkan saja tidak apa2..?? mkasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Perlu lebih diperjelas apakah daging tumbuh yang Anda keluhkan terletak di anus bagian luar atau di bagian dalam, keluar masuk, adakah darah, dll. 

Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang dapat Anda akses yang berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Hemorrhoid eksterna biasanya langsung dapat terlihat di daerah anus dan biasanya sangat nyeri.

Hemorrhoid interna adalah hemorrhoid yang ada di daerah rektum (bagian usus besar yang paling ujung sebelum anus). Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II     : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III    : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV   : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Bagaimana dengan benjolan yang Anda alami? Penanganan wasir sangat ditentukan berdasarkan tahapan wasir yang Anda alami.

Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk menentukan jenis dan derajat ambeien Anda. 

Wasir seringkali terjadi karena BAB yang sulit dan keras, untuk mengatasi sulit BAB, saya sertakan artikel berikut: 7 Tips Mencegah Sulit BAB

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar