Sukses

Radang Tenggorokan

17 Sep 2013, 15:15 WIB
Pria, 30 tahun.
jumat lalu saya kena demam tinggi dan saya konsumsi amoxicillin 500mg,demamnya sudah reda tapi, timbul gangguan mulut, seperti peradangan dan ada bintil seperti sariawan di tenggorokan bagian dalam, rasanya untuk menelan sakit dan panas juga permukaan lidah yg agak putih. Apakah ini akibat dari antibiotik ini? sekarang saya hentikan konsumsi antibiotik, setelah saya konsumsi selama 2 hari, apakah tindakan saya tepat?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Demam tinggi dapat disebabkan oleh banyak penyakit pak, infeksi virus, bakteri atau jamur. Tergantung dari keluhan bapak yang lainnya. Namun, apabila setelah konsumsi amoxicillin demam anda reda mungkin sudah terobati infeksinya sebagian. Nyeri dan panas saat menelan kemungkinan disebabkan oleh peradangan tenggorokan. Untuk peradangan pada tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri,jamur atau virus. Oleh karena anda menyebutkan timbul putih-putih pada permukaan lidah mungkin saja itu merupakan infeksi jamur pak. 

Untuk mengobati hal ini diperlukan pemeriksaan fisik bapak, sebab bila disebabkan oleh jamur maka pengobatannya berbeda dengan pengobatan untuk infeksi bakteri. Sebenarnya untuk mengoati infeksi tidak cukup 2 hari pak antibiotiknya paling tidak 5 - 7 hari, namun memang sebaiknya ada periksa dulu ke dokter speicalis THT kami takut ini ada infeksi jamur terutama karena lapisan putih yang timbul pada lidah bapak. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar