Sukses

Nyeri kepala

17 Sep 2013, 16:27 WIB
Pria, 24 tahun.
mau tanya dok, kenapa saya terkadang mengalami sakit kepala yang teramat sangat di bagian belakang kepala dekat tempurung kepala. Dan temponya juga tidak menentu, terkadang seminggu 2-5x terkadang sebulan tidak ada gejala kambuh. dan sakitnya itu seperti otot terasa ditarik kebelakang, pandangan kabur, nyeri seperti dipukul frekuensi saat kambuh antara 3-5detik. mohon penjelasannya dok karena selama ini saya belum pernah berobat karena disamping takut juga tidak punya biaya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

  Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri di belakang kepala dan tengkuk dapat disebabkan berbagai macam hal, dari hipertensi, pengapuran daerah tulang leher (servikal), hipertensi, sakit kepala (cluster, tension), posisi kerja tidak anatomis, keram otot, dan banyak lagi. Perlu diuraikan satu persatu kira-kira apa yang menjadi penyebab dari nyeri yang Anda alami.

Faktor risiko kedua adalah posisi Anda ketika bekerja. Hal ini perlu diperhatikan apakah Anda terus menerus duduk dalam posisi tidak nyaman, komputer tidak sejajar mata Anda sehingga Anda perlu sedikit membungkuk, apakah kursi Anda tidak nyaman atau keras, apakah meja Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi, apakah Anda terus menerus duduk selama  minimal 4 jam di depan meja? BIla memang ada salah satu faktor yang kami sebutkan di atas dan membuat Anda tidak nyaman, maka mungkin saja hal tersebut merupakan penyebab. Perbaiki posisi duduk Anda, atur komputer agar sejajar dengan mata, meja sesuai dengan tinggi Anda, kursi yang nyaman, dan setelah 2 jam melihat komputer maka beristirahatlah sejenak (10-15 menit) untuk sekedar stretching atau berjalan-jalan di ruangan.

 

Faktor risiko ketiga adalah pekerjaan Anda yang menghadapi komputer dapat menyebabkan mata Anda lelah. Apabila Anda memakai kacamata, pastikan untuk selalu mengevaluasi kondisi mata Anda setiap 6 bulan - 1 tahun sekali. Mungkin saja mata Anda bertambah plus atau minus dari kacamata tersebut.

Sedangkan faktor yang lain mungkin juga merupakan penyebab, seperti terlalu stress dalam pekerjaan dapat menjadi penyebab Tension Headache. Penyebab yang kami sebutkan pada paragraf pertama pun masih belum dapat disingkirkan.

Saran kami adalah kontrol tekanan darah Anda, perbaiki posisi kerja Anda, cek mata Anda, beristirahatlah apabila nyeri tersebut datang, minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat, dan berkonsultasilah langsung ke dokter apabila keluhan semakin bertambah berat. Anda dapat melihat artikel kami mengenai hipertensi dan sakit kepala di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/57

https://www.klikdokter.com/illness/detail/55

http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=1⊂=73

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar