Sukses

Gatal pada vagina

17 Sep 2013, 11:51 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dok, saya mengalami keputihan dari usia 15 thn sampai sekarang di usia 33 thn. Awalnya keputihan biasa (tidak berbau, tidak berwarna, tidak gatal). Suatu saat, saya periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin, saya diberi obat namanya Doxycyclin. Bukannya sembuh, malah menjadi gatal di area miss v saya, sehingga miss v saya lecet. Sampai saya berhenti minum obatnya, masih saja gatal itu sering muncul. Apa yg hrs saya lakukan, Dok? Apalagi kondisi saya saat ini sedang hamil. obat apa yg bisa menyembuhkannya? terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

 

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Terutama saat hamil, karena lingkungan menjadi semakin lembab sangat rentan terjadi infeksi jamur atau bakteri. 

Sebagai informasi, keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Saran kami adalah agar Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mengenai keluhan tersebut untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter untuk kemudian mendapatkan penanganan yang sesuai. Doxycyclin merupakan golongan antibiotik, mungkin memang ada infeksi yang berbeda bu sekarang. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (EA)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar