Sukses

Dahak Kental

18 Sep 2013, 16:13 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok, saya sudah batuk lebih dari 2 minggu. Awalnya saya kira batuk biasa, saya coba-coba minum obat batuk vicks formula 44 (biasanya saya selalu ke dokter setiap sakit). Ternyata tidak sembuh, karena frekuensi batuk makin tinggi, saya berobat ke dokter umum. Setelah dikasih obat, batuk saya belum sembuh jg. Tadinya yg batuk kering jadi berdahak. Saya tunggu beberapa hari, sama sekali belum ada perubahan dan tenggorokan saya rasanya gatal sekali serta dahaknya tidak bisa dikeluarkan. Seperti tertahan di dada, ditambah hidung saya meler(sinusitis saya sedikit kumat). Selanjutnya saya berobat ke dokter tht. kata dokter saya terkena infeksi tenggorokan dan emang sinus saya ada sedikit. Setelah diberi obat, memang rasa gatal di tenggorokan mendingan, dan dahak sudah bisa dikeluarkan. Tapi frekuensi batuknya kadang rendah kadang tinggi. Hampir setiap jam saya harus ke toilet untuk membuang dahak serta cairan yg dihidung.karena kalau tidak dibuang mengganggu peranafasan dan membuat nafas saya bersuara parau dok. Ini sudah hari ketiga saya melakukan hal tersebut. Dahak dan cairan hidungnya berwarna putih tidak terlalu kental tapi sedikit berbuih. Kira-kira sebenarnya saya terkena apa ya dok? Kemungkinan sembuh lama tidak ya? Karena sangat mengganggu aktivitas saya. oh ya dok, obat yg diberikan kepada saya ada 4 jenis (cefspan 200mg,rhinos sr cap, vectrine 300g, mefinal 500 mg). Terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Peningkatan produksi sekret tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti infeksi maupun iritan (asap rokok, polusi). Seperti yang telah dijelaskan oleh dokter spesialis THT yang menangani Anda, Anda menderita sinusitis. Obat-obat yang diberikan baru dikonsumsi selama 3 hari. Lanjutkanlah konsumsi obat-obat tersebut hingga 5 - 7 hari. Bila belum ada perbaikan juga, kunjungilah dokter spesialis THT kembali. Sementara itu, hindari pajanan iritan serta perbanyak minum. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    1 Komentar

    • Fatim Zahro

      Dokter, batuk saya kbetulan sama halnya dengan penanya. Kira2 makanan apa yang boleh dan tidak boleh. Apakah buah juga tidak boleh? Karena ada yang melarang saya makan buah karena batuk yang seperti itu.