Sukses

Sariawan Mulut dan Keputihan

18 Oct 2014, 06:35 WIB
Wanita, 30 tahun.
Sariawan Mulut dan Keputihan Dokter yang baik, mohon informasi tentang sariawan mulut dan Keputihan apakah ada hubungannya? saya sering mengalami Sariawan dimulut dan biasanya disertai dengan Keputihan. Terimakasih atas informasinya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Pada dasarnya, adanya sekret vagina atau yang biasa disebut ‘keputihan’ merupakan hal yang normal. Jumlah dan warnanya dapat bervariasi yaitu tampak jernih hingga putih seperti susu, dan hal ini bergantung pada siklus menstruasi. Misalnya, sekret vagina dapat keluar lebih banyak pada saat Anda sedang dalam masa subur atau  sedang menyusui. Begitu juga sariawan, dapat dipengaruhi oleh faktor hormonal meski hal tersebut bukan satu-satunya faktor pemicu.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda coba ingat kembali apakah sariawan yang Anda katakan terjadi bersamaan dengan keputihan tersebut timbul berdekatan dengan masa subur Anda. Selain itu, coba perhatikan lagi bagaimana warna, bau, atau kekentalan dari sekret vagina. Apabila warnanya berubah dan tercium bau tak sedap ditambah adanya rasa gatal atau nyeri, mungkin perlu dicurigai adanya infeksi atau kondisi penyakit lain.

Mengenai sariawan, apabila memang cukup sering terjadi dan berulang-ulang dan sudah mengganggu aktivitas Anda, saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar dapat ditelusuri kemungkinan penyebabnya. Apabila kemungkinan penyebabnya dapat ditemukan, maka dapat ditentukan perawatan yang paling tepat agar sariawan tidak mudah muncul kembali. Selengkapnya mengenai sariawan dapat Anda akses di situs kami dengan mengklik link berikut: https://www.klikdokter.com/rubrikspesialis/read/18/gigimulut/2010/07/05/69/stomatitis-aphtous-reccurent-sar-sariawan-#.UjggBH8bPIU.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha, M.Si

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar