Sukses

Mata menonjol

17 Sep 2013, 11:00 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat malam dokter Dok saya mau tanya apakah kedua mata yang telah menonjol keluar bisa dikembalikan seperti semula lagi. Sebenarnya sudah lama saya merasakan mata saya bertambah besar namun akhir2 ini saya merasa kelopak mata saya makin bengkak dan mata kadang buram saat melihat . Apa yg harus saya lakukan dok? jika benar ini ada hubungannya dengan tiroid,bagaimana saya bisa mengembalikan keadaan mata sya seperti semula Terima Kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Mata yang menonjol ke luar disebut exopthalamos atau protisis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit hipertiroid, tumor, kista dan banyak lagi. Walaupun memang penyabab paling sering adalah penyakit hipertiroid. Memang untuk hal ini kami menganjurkan agar anda melakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid. Nanti mata anda akan diukur dengan exopthalmometer dan akan dilihat seberapa besar penonjolan mata. Anda dapat melakukan hal  ini di dokter specialis penyakit dalam. 

Pada kebanyakan orang bila penonjolan mata disebabkan oleh keadaan hipertiroid maka bila diobati hipertiroidnya, penonjolan mata dapat hilang sendiri. Bedah mata dilakukan saat penyakit hipertiroid sudah stabil selama 6 bulan, dan bila penonjolan mata ini merusak aliran saraf. Beberapa jenis operasi dapat dilakukan juga untuk memperbaiki kelopak mata, dan organ-organ dalam mata bila sudah terjadi komplikasi. 

Yang perlu dikhawatirkan lagi adalah kekeringan dari mata yang disebabkan oleh penonjolan mata oleh karena kelopak mata tidak dapat menutup. Oleh karena dapat terjadi kekeringan mata, maka biasanya dokter akan memberikan lubrikan untuk mata. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)
Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar