Sukses

Nyeri dada kiri

16 Sep 2013, 20:23 WIB
Pria, 19 tahun.
selamat siang dokter , saya mau nanya , saya pernah waktu ketika saya bernafas , tulang rusuk kiri saya kaya serasa ditusuk gitu tapi hanya sebentar doang kira sekitar 5 detik dan kadang dalam 1 bulan bisa terjadi 3x.. saya pernah baca artikel ciri' orang sakit jantung seperti menjelar sampai leher , lengan sakit, dada keteken , cemas , mual ,muntah ,pusing dll tapi saya sama sekali gak merasakan hal tersebut , saya takut dok , rasa itu seperti kaya di tusuk waktu saya bernafas dan hal ini terjadinya sangat jarang , Tapi seketika saya pijat tulang rusuk kiri saya sakit itu hilang dan sakit itu seolah-olah numpang lewat saja, oh,ya dok sakit ininy terdapat di tulang rusuk kiri bawah ketiak dan tulung rusuk bawah ( sayatidak pernah sama sekali sakit di dada tengah atau sebelah kiri dikit bahkan tidak pernah sesak nafas), apakah ini ada sakit jantung dok? atau yang lain? saya berharap dokter balas secepatnya , terima kasih dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Di usia anda yaitu 19 tahun, memang sangat jarang dapat terjadi serangan jantung, walaupun ada beberapa kasus terutama kasus dimana terjadi kelainan penyakit yang dapat membuat mudahnya terjadi gumpalan darah. Namun bila anda merasa nyeri pada tulang rusuk kiri anda, seperti ditusuk-tusuk mungkin saja anda menderita maag. 

Memang gejala penyakit jantung itu dapat menyerupai gejala dari beberapa penyakit yang berada pada bagian tubuh sebelah kiri karena persamaam jalur otot dan saraf, jadi bila anda nyeri pada dada kiri dapat disebabkan oleh maag, kelainan otot, kelainan tulang, atau paru-paru/organ pernafasan. 

Mungkin anda menderita maag, coba mulai sekarang anda jaga cara makan anda dengan menghindari makanan pedas, banyak gas seperti sayuran kol/sawi/minuman bersoda, makan tepat waktu, hindari makan 2 jam sebelum tidur, dan usahakan jangan terlambat makan. Maag dapat diobati dengan obat-obatan golongan antasida, H2 blocker, dan proton pump inhibitor. 

Namun untuk menyingkirikan penyakit lain, anda juga dapat lakukan pemeriksaan foto xray dada, atau EKG. Oleh karena itu, kami menganjurkan agar anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)
Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar