Sukses

Rambut rontok dan ketombe

19 Oct 2014, 19:16 WIB
Pria, 15 tahun.
Halo,saya luis umur 15 tahun masalah saya rambut rontok dalam jumlah banyak,walaupun tidak sampai 100 helai perhari.saya memang mengkonsumsi obat obatan selama 1 tahun full karena ada penyakit apa itu mempengaruhi juga? oh iya belakangan ini ketombe muncul cara menghilangkan nya bagaimana ya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih ats pertanyaan Anda.

Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal. Akan tetapi, apabila rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab.

Kerontokan dapat disebabkan oleh faktor herediter (keturunan) ataupun faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan dan yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :

  • banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • hindari stres
  • hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • cukup istirahat
  • stop merokok (pada yang merokok)
  • hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Pastikan Anda:

  1. Mencuci rambut dengan teratur dengan shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan disarankan tidak bering berganti-ganti jenis shampo.
  2. Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi jarang.

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti: kulit kepala yang terlalu kering akibat terlalu sering cuci rambut atau bahkan karena terlalu berminyak akibat jarang mencuci rambut, tidak cocok dengan produk rambut tertentu, penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis (eksim), dan jamur. 

Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Namun apabila ketombe Anda masih menetap setelah memakai shampo tersebut maka ada kemungkinan Anda mengalami gangguan yang disebut dermatitis seboroik atau psoriasis. Kondisi ini membutuhkan penanganan dari tenaga ahli. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut adalah artikel yang terkait:

Stres Akibatkan Ketombe

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar