Sukses

Sulit BAB pada Anak

13 Sep 2013, 20:36 WIB
Pria, 30 tahun.
Malam dok. Anak saya berumur 10 bulan, kenapa buang air besarnya 2 hari sekali ya dok? dan selalu nangis ingin buang air besar, karena pupsnya keras dok, padahal setiap hari buah pepaya selalu kami berikan. juga ada luka di luar lubang anusnya dok. apa yang harus kami lakukan dok agar buang air besarnya Lancar dan tidak keras lagi dok. Terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Apakah anak Anda diberikan ASI atau susu formula? Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Jika anak Anda diberikan susu formula, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum. Namun jika terdapat luka pada daerah dubur, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter untuk pemeriksaan langsung bagaimana kondisi luka tersebut dan segera mendapat penanganan yang optimal.

Untuk informasi Anda, saya sertakan artike tentang penyebab dan solusi sulit BAB pada anakl: 4 Penyebab Anak Sulit BAB 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaatt. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar