Sukses

Gejala Menopause

18 Oct 2014, 22:08 WIB
Wanita, 46 tahun.
Siklus haid saya selama ini 25-29 hari, ini terus berlangsung sejak pertama kali dapat haid. Sekarang di usia saya 46 tahun, saat bulan ramadhan kemarin saya bisa menjalaninya dg sempurna tanpa terpotong haid.....(Alhamdulillah saya bahagia sekali). Ternyata haid saya datang setelah 50 hari dr haid yg terakhir (hampir 2 bln). Yg menjadi pertanyaan sy, apakah ini tanda" monopause dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Usia rata-rata menopause perempuan Indonesia adalah sekitar 48-52 tahun, sehingga saat ini ibu sudah mulai memasuki usia awal menopause. Untuk memastikan bahwa keluhan haid yang menjadi semakin lama ini memang karena memasuki masa menopause dan bukan karena hal lain maka sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan. Bila menurut dokter Ibu, Ibu tidak memiliki suatu kelainan, maka sangat mungkin kondisi ini disebabkan oleh masa perimenopause (transisi ke masa menopause), yaitu mulai terjadi ketidak seimbangan hormonal. Yang terpenting saat ini adalah penerapan pola hidup sehat:

  1. Makan makanan sehat yang rendah lemak, tinggi serat; asupan kalsium cukup, hindari rokok dan batasi konsumsi kafein
  2. Olahraga teratur minimal 30 menit 3x/hari
  3. Usahakan lebih rileks, kurangi stress (seperti dengan meditasi atau yoga).

Dengan mempertahankan pola hidup sehat, diharapkan dapat membantu Ibu mengurangi ketidaknyaman dari gejala yang ada dan tetap sehat sepanjang masa perimenopause/menopause.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai gejala-gejala menjelang menopause, saya sertakan artikel mengenai Menopause.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat membantu. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar