Sukses

Kenaikan Berat Ibu Hamil

13 Sep 2013, 18:36 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok, saya wanita umur 24 tahun, dan sedang hamil 9 bulan, ini kehamilan pertama. berat badan sy meningkat drastis dari 48 naik 75 kg, apakah ini normal dok? bagaimana pengaruhnya dengan bayi saya nantinya? dan setelah melahirkan bisakah berat badan sy kembali normal?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Peningkatan berat badan ibu hamil dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) normal berkisar antara 12-15 kg, sedangkan bagi mereka dengan IMT lebih atau obesitas disarankan hanya 6-12 kg. Peningkatan berat badan di trimester pertama umumnya antara 1-2,5 kg atau mungkin saja tidak naik berat badan. Pada trimester kedua, BB akan meningkat sebanyak 0,5 kg/minggu. Apabila berat dasar adalah 48 kg, memang seharusnya kenaikan berat badan Ibu maksimal hanya mencapai 63 kg.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Bagaimana kondisi bayi Anda? Bagaimana taksiran berat janinnya?

Yang diperlukan sekarang adalah kontrol ke dokter kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan USG berkala demi memantau pertumbuhan janin dalam kandungan. Jika ternyata berat janin Anda cukup besar, dan ternyata tidak dapat lahir normal maka mungkin diperlukan operasi sesar.

Berat badan Anda tentu dapat kembali normal asalkan setelah melahirkan Anda menjalankan pola hidup sehat, mengatur pola makan dan berolah raga.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar